Makalah tentang jenis-jenis port dan fungsinya

“PENGENALAN JENIS-JENIS DAN FUNGSI PORT PADA CPU



  
TAJRIYANI RAHMAN
X.3
13111200 / 32


 


KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan pembuatan makalah yang berjudul “PENGENALAN JENIS-JENIS DAN FUNGSI PORT PADA CPU” ini dengan baik. Saya telah membuat makalah ini dengan dengan mengambil referensi-referensi dari beberapa buku maupun dari situs-situs internet. Hal tersebut saya lakukan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang PORT.
Makalah ini berisi tentang pengertian-pengertian dari PORT. Di dalamnya juga terdapat penjelasan-penjelasan tentang PORT itu sendiri. Maka dengan membuat makalah ini saya dapat mengetahui arti dan penjelasan dari PORT. PORT sangat berguna bagi kinerja computer. Dengan menggunakan PORT kinerja system-sistem computer dapat meningkat. Hal tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan dalam memakai computer. Sehingga penting bagi kita untuk mengetahui penjelasan tentang PORT.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi perbaikan untuk makalah selanjutnya. Akhirnya, saya berharap mudah-mudahan makalah ini dapat memenuhi harapan kita semua.

Pangkajene, 5 November 2013

Penulis








DAFTAR ISI

Kata Pengantar       .............................................................................1
Daftar                    .............................................................................2
Jenis Port dan Fungsinya   ...................................................................3
Daftar Pustaka        .............................................................................8



































JENIS-JENIS PORT PADA KOMPUTER
ports02.jpg

 Satu unit komputer terdiri dari CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse. Pada CPU yang merupakan sistem unit atau console memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (device) lain. Umumnya, port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, modem dan periferal lainnya.
Port memiliki standar bentuk sendiri, seperti port untuk keyboard berbentuk bulat. Pertama kali komputer desktop diciptakan, memiliki dua port yaitu port serial dan port parallel. Pemasangan kabel monitor, keyboard dan mouse harus sesuai dengan portnya. Kesalahan pemasangan dapat menyebabkan tidak berfungsinya komputer. Untuk dapat memasang port sesuai dengan posisinya, berikut ini terdapat beberapa port console.


JENIS-JENIS PORT

1.                                                                                                              Port IEC (International Electronical Commission) atan Port power supply kabel power listrik, Port ini digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam monitor maupun casing dan CPU

2.                                                                                                              Port PS / 2, port ini digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk port keyboard berwarna ungu dan untuk port mouse berwarna hijau. Port PS/2 masih banyak digunakan meskipun sekarang telah beredar mouse serta keyboard yang menggunakan konektor USB.



3.                                                                                                              USB (Universal Serial Bus), Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial.
Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.
4.       
ports02 - Copy.jpg  Port serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.


5.                                                                                                              Port VGA (Video Graphics Array), Port ini menghubungkan monitor dengan CPU. Konektor dan port VGA dapat terpasang kuat karena konektor VGA disertai baut pengencang




6.                                                                                                              Port parallel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel.
Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.


7.                                                                                                              Port sound card (line in, out, mic), berfungsi menghubungkan CPU dengan peralatan audio (speaker, mic, dan tv tuner)
Port ini terdiri dari 3 port yaitu port line in, line out, dan microphone.
  Line in (biru) : dihubungkan dengan tape                                                           recorder.  
  Line out (hijau) : dihubungkan dengan speaker
  Mic (merah) : dihubungkan dengan mic.


8.                                                                                                              Port network (RJ-45) / LAN Port, Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN) Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer. Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet




 
9.                                                                                                              Port modem line telepon,  Port ini berfungsi sebagai penghubung untuk internet memakai modem dial up (jaringan telepon)


10.                                                                                                          
game-port.jpg   Game port,  kegunaan dari port ini adalah untuk memasang joystick atau stick PS (Playstation) tapi khusus komputer, tapi seiring pergantian zaman port ini jarang digunakan karena joystick sekarang dapat dipasang menggunakan USB port.


























DAFTAR PUSTAKA

Sumber :



0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Sample Text

Sample text

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

facebook : Tajriyani Rahman Twitter : @tajriyani13 Ask.fm : @tajriyani124

Popular Posts

Social Icons

Followers

Featured Posts